Perguruan Tinggi yang memiliki wawasan global dalam dunia teknologi informasi, menerapkan IPTEK dan mendukung budaya lokal
Sistem Pendidikan

STMIK Widya Pratama Pekalongan menyelenggarakan pendidikan dengan Jenjang Studi Strata 1 (S1) dan Jenjang Studi Diploma III (DIII) yang menyiapkan lulusannya sebagai seorang Sarjana dan Ahli Madya. Adapun gelar yang akan diberikan :

  1. Sarjana Komputer disingkat S.Kom untuk Jenjang Strata 1 Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi.
  2. Ahli Madya di bidang Komputer disingkat A.Md untuk jenjang Diploma III Program Studi Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi.

PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN SISTEM KREDIT SEMESTER

Sistem Penyelenggaraan Pendidikan yang digunakan berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dalam lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Pelaksanaan Pendidikan dan Pengajaran melalui Sistem Kredit Semester (SKS) yang dimulai sejak berdirinya STMIK Widya Pratama Pekalongan. Sistem pendidikan yang digunakan untuk mengatur penyelenggaraan pendidikan di STMIK Widya Pratama adalah sebagai berikut :

  • Pelaksanaan pendidikan pengajaran melalui Satuan Kredit Semester (SKS)
  • Sistem Kredit : adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan yang beban studi mahasiswa dan beban tenaga pengajar dinyatakan dalam kredit.
  • Semester : adalah satuan kecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan. Satu semester berlangsung antara 12 - 14 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya yang terdaftar.
  • Satuan Kredit Semester : adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban studi mahasiswa, besarnya penyelenggaraan pendidikan perguruan tinggi, khususnya tenaga pengajar. SKS juga dapat digunakan untuk menyatakan keberhasilan usaha mahasiswa setiap semester dan secara total.
  • Dalam sistem kredit tiap-tiap mata kuliah diberi harga/bobot yang dinamakan nilai kredit.
  • Banyaknya nilai kredit untuk mata kuliah yang berlainan tidak selalu sama (lihat distribusi mata kuliah)
  • Banyaknya nilai kredit untuk masing-masing mata kuliah ditentukan berdasarkan kemampuan dan usaha mencapai kompetensi yang telah ditetapkan.
  • Dalam sistem kredit tiap mata kuliah diselesaikan dalam kurun waktu satu semester yang berlangsung selama 12 - 14 minggu.

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM)

KBM adalah proses interaksi antara mahasiswa dengan dosen dalam mencapai tujuan mata kuliah tertentu sesuai dengan program yang telah ditetapkan dengan metode tertentu yang didukung oleh media dan sarana pengajaran/perkuliahan.

Model pembelajaran yang digunakan adalah Student Centered Learning (SCL) yaitu sebuah model pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa atau peserta didik. Dalam model pembelajaran ini dosen berperan dan berfungsi sebagai fasilitator dan motivator (bukan sumber ilmu).

Proses pembelajaran yang diterapkan mampu mengembangkan kemampuan afektif, kognitif, dan psikomotorik dari setiap peserta didik atau mahasiswa. Metode yang dapat digunakan diantaranya : ceramah, diskusi, seminar, presentasi, workshop, dan portofolio.

Syarat mengikuti KBM:

  1. Mempunyai Kartu Mahasiswa yang masih berlaku pada semester masa perkuliahan yang bersangkutan, atau kartu pengenal lain yang menurut aturan akademik dianggap sah.
  2. Mempunyai Kartu Rencana Studi (KRS) yang telah disetujui Pembimbing Akademik.
  3. Menandatangani daftar hadir pada saat mengikuti kegiatan belajar mengajar.

PEMBIMBING AKADEMIK (PA)
  • Pembimbing Akademik (PA) adalah tenaga pengajar tetap atau yang ditunjuk dan diserahi tugas membimbing mahasiswa.
  • Tujuan bimbingan adalah untuk membantu mahasiswa mengembangkan potensi sehingga memperoleh hasil yang optimal dan dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.
  • Setiap mahasiswa akan mendapat bimbingan dari 1 orang pembimbing akademik yang sudah ditunjuk sampai mahasiswa tersebut lulus.
  • Bimbingan yang diberikan oleh pembimbing akademik meliputi pengawasan dan pelaporan prestasi akademik mahasiswa, penyelesaian masalah-masalah (baik masalah pribadi dan masalah umum) yang dihadapi mahasiswa sehubungan dengan perkuliahannya, pemotivasian kepada mahasiswa baik secara individu maupun kelas dan pengusulan beasiswa ke akademik.
Tugas dan Kewajiban Pembimbing Akademik (PA) :
  1. Membantu mahasiswa menyusun rencana studinya dan memberikan pertimbangan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang diambil untuk semester yang sedang berlangsung
  2. Memberikan pertimbangan kepada mahasiswa mengenai banyaknya kredit yang dapat diambil
  3. Mendorong mahasiswa bekerja dan belajar secara teratur dan berkesinambungan serta menanamkan mahasiswa tentang pentingnya disiplin diri sendiri dan kemampuan mengenal potensinya sendiri.
  4. Memberikan keterangan dan saran lain tentang mahasiswa yang dibimbing kepada pihak-pihak yang dipandang perlu.
  5. Menyampaikan peringatan kepada mahasiswa bimbingannya yang prestasinya kurang / menurun.

TUGAS AKHIR/SKRIPSI

Tugas Akhir / Skripsi merupakan kegiatan terstruktur yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melatih menulis dan berkarya secara ilmiah berdasarkan hasil penelitian maupun eksperimen.Untuk menyelesaikan jenjang D III maupun jenjang S1 di STMIK Widya Pratama, mahasiswa harus mampu menyusun dan mempresentasikan serta mempertahankan Tugas Akhir / Skripsi di depan dewan penguji. (dapat dilihat Buku Pedoman Penulisan TA/Skripsi).

KULIAH SEMESTER PENDEK
  • Semester pendek diadakan bila dipandang perlu
  • Mahasiswa mendapat kesempatan untuk memperbaiki nilai mata kuliah bagi yang belum lulus / memperbaiki grade.
  • Mata kuliah yang ditawarkan pada semester pendek adalah mata kuliah berdsasarkan pertimbangan pihak akademis.
  • Kuliah perbaikan dilaksanakan minimal 8 pertemuan ( 8 * 100 menit ) selama 5 minggu dan pertemuan terakhir ujian.
  • Nilai Ujian berdiri sendiri tanpa UTS dan UAS
  • Jumlah peserta perbaikan per mata kuliah minimal 10 mahasiswa yang mendaftar.
  • Hanya untuk mata kuliah yang bernilai D/E.
  • Hasil nilai ujian dipilih yang terbaik diantara hasil ujian kuliah reguler dengan hasil ujian kuliah pendek.
  • Uang pendaftaran kuliah perbaikan diatur dengan peraturan yang berlaku.

YUDISIUM DAN WISUDA

Yudisium ialah suatu keputusan rapat akademik tentang kelulusan program pendidikan seorang mahasiswa beserta predikatnya. Waktu pengumuman Yudisium diberikan pada setiap akhir semester.

Mahasiswa berhak menyandang gelar Ahli Madya ( A.Md ) untuk jenjang pendidikan D III dan Sarjana Komputer ( S.Kom ) untuk jenjang pendidikan Srata 1 dari STMIK Widya Pratama dan apabila telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti wisuda.

Adapun persyaratan untuk mengikuti Wisuda adalah sebagai berikut :
  1. Lulus Yudisium, yaitu : lulus seluruh mata kuliah dengan total SKS 114 SKS untuk DIII (termasuk TA) dan minimal 148 untuk S1 ( termasuk Skripsi) dengan IPK minimal 2.25
  2. Jumlah Nilai D maksimal 3 ( tiga ) dari seluruh mata kuliah yang telah ditempuh.
  3. Melunasi biaya wisuda
  4. Melengkapi semua tunggakan dan persyaratan lain (perpustakaan, formulir isian dll).