Kembangkan Potensi Diri, Siswa SMK Belajar Penyiaran Televisi - STMIK Widya Pratama Pekalongan

Kembangkan Potensi Diri, Siswa SMK Belajar Penyiaran Televisi

12 Juni 2021


     Sabtu, 12 Juni 2021 siswa-siswi SMK Muhammadiyah Bligo yang tergabung dalam ekstrakurikuler Jurnalistik dan broadcasting berkunjung ke WPiTV STMIK Widya Pratama Pekalongan untuk belajar seputar Penyiaran Televisi.


     Kegiatan tersebut diisi oleh Victorianus Aries Siswanto, S.E, M.Si selaku kepala Studio WPiTV dan dibantu oleh segenap crew. Diawali dengan penyampaian materi teori seputar lingkup penyiaran televisi, teknik pengambilan gambar, tata cahaya hingga tahapan produksi sebuah acara televisi, mulai dari pencarian ide kreatif, proses shooting, editing dan penyiaran ke penonton melalui media internet. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, di forum tanya jawab pun banyak dari mereka yang bertanya seputar materi yang disampaikan.

     Di akhir sesi kegiatan, ditunjukkan bagaimana proses produksi sebuah program acara studio yang melibatkan banyak crew dalam sebuah jobdesk, diantaranya presenter, camera person, program director, floor director, audioman, switcherman dan lain-lain.

     Menurut Muh. Hasan Rofiqi, S.Kom, selaku Pembina Ekstra Broadcasting, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi, dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru, terlebih lahirnya esktra broadcasting di SMK Muhammadiyah Bligo juga terinspirasi dari keberadaan WPiTV sebagai media di instansi Perguruan Tinggi yang mampu menyajikan konten tayangan yang kreatif dan melibatkan mahasiswanya sendiri sebagai sumber daya manusia.